Rabu, 12 Desember 2012

SPEEDO MEGAPRO 160CC TIDAK AKURAT SETELAH GANTI RING 17?

Assalamu'alakum gan,,
Gamana agan-agan pecinta akselerasi, udah pada bosen belum modif motor? tentu variasi jawabanya, tapi ane disini masih belum puas belajar modif ataupun sekedar cari info seputar motor. kebanyakan yang ane pos disini adalah dari sedikit pengalaman ane, ya itung-itung bisa berbagi lah,, moga aja dapet ilmu tambahan dari agan-agan.

kali ini ane mau ngebahas tentang kacaunya pembacaan speedo meter milik megapro 160cc setelah ganti ring 17.


 Dulu sebelum ane ganti ring 17 ama temenane dikasih tau, yang katanya ketika ganti ring 17 nambah top speed lah atau nambah akselerasilah dan lain-lain. kenyataanya ketika megapro 160cc diganti ring 17 gak ada efek yang drastis dari penggantian tersebut pada akselerasi si mega, tapi kenapa banyak anggapan kalau ganti ring 17 nambah top speed? Nha,, jawabanya adalah kemugkinan mereka terlalu mempercayai speedo meter untuk mengukur kekuatan motornya,walaupun sudah menanggalkan ring 18nya. padahal speedo meter megapro diperuntukkan untuk membaca kecepatan pada ring 18 (standart megapro) tentu saja ada dampaknya ketika penggantian ke ring 17. kenapa begiru? jawabanya,,, yang dibaca speedo meter model ini yaitu rotasi atau putaran roda depan yang dihubungkan oleh ring gear speedo untuk menggerakkan gear tersebut (gigi nanas) kemudian dilanjutkan ke kabel speedo meter lalu terbacalah kecepatan kita berkendara. 

lalu bagaimana cara kita mengetahui speedo meter kita cocok apa kagaksetelah ganti ring 17?
pasti tidak cocok karena diameter ring veleg udah berubah tapi,,, kalau kita pengen ngecek coba berkendara dengan motor lain dan setarakan kecepatan tentunya motor yang dipakek harus masih standart ring rodanya dan lihat hasilnya,, pasti selisih lebih dari 5 km lebih cepat mega yang udah ganti ring17.

gimana dong biar tetep akurat speedo meternya dengan ring 17?
pertanyaa yang bagus,,,,(tanya-tanya dewe dijawab-jawab dewe) begini kita harus bongkar gear box speedo si mega dulu

                                                                               gear box beserta komponenya


 kemudian sisihkan!
 kita harus mempersiapkan perombaan komponen gaer box. dari pengalaman ane bisa diakali dengan mengganti komponen gear box mega dengan milik suprafit 2005. 





 gear box megapro


caranya dengan mengoplos komponen dalam gear box yaitu, ring gear dan gear tersebut (gigi nanas) dengan milik suprafit. tentu perlu penyesuaian ring suprafit dengan dudukan roda speedo pada megapro, 










 ring penggerak gear box
gak ribet cukup dengan tang dan di "ongkek-ongkek" istilah moderennya sehingga dapat duduk manis pada tempat ring roda depan megapro, selanjutnya tinggal pemasangan.

setelah semuanya terpasang kembali tinggal dicoba berfungsi atau tidak, jika tidak maksimal berarti pemasangan kurang benar, jika sudah pas pasti ketahuan motor ente punya top speed lebih dikit dibanding sebelumnya. dan ada satu tes lagi, yaitu keakuratan dengan motor lain caranya seperti ane terangkan diatas tadi. ok,gan sekian sepintas pengalaman ane ganti ring 17 pada megapro. selamat mencoba dan semoga bermanfaat. ditunggu komenya...

assalamu'alakum.

7 komentar:

  1. itu yang gak akurat indikator BBM nya atau speedo nya mas ...

    BalasHapus
  2. speepo meter pembaca kecepatan mas bro

    BalasHapus
  3. kalau saya boleh kasih argumen.
    gak akuratnya speedo (melenceng dari kecepatan asli)
    dikarenakan diameter velg yang berbeda yang dulunya 18 ke 17 sehingga kecepatan jadi gak akurat.
    dan syarat ganti velg berdiameter kecil ialah harus mengganti mata gear yang lebih kecil. biar top speed gak menurun.
    cukup sekian terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali bro ogie, perlu penggantian mata gir atau akrap dosebut gigi nanas pada gear box setelah ganti ring 17

      Hapus
  4. mas bro...
    Kalo ganti velg ring 17 yang nda tapak lebar,total ongkos brapa?trims

    BalasHapus
  5. 500an gan tu pun velg krom mtor be2k

    BalasHapus
  6. Jadi cuma di ganti gearbox nya saja?

    BalasHapus