Jumat, 07 Desember 2012

PILIH BUSI STANDART, IRIDIUM DAN PLATINUM


Assalamu’alakum
Halo bro, para penggemar akselerasi  kemarin gue ngebahas tentang problem masalah skep beret. Nha, kali ini gue akan bahas masalah busi.
 Tadi gue sempet berbincang-bincang masalah masalah busi atau spark plug di warnet temen gue. Maka dari itu  gue pengen berbagi info dari pengalaman gue makek berbagai jenis busi di motor megapro gue. 

Kadang Kita sering berasumsi bahwa dengan memakai part racing motor kita jadi kenceng, belum tentu bro-bro sekalian, apa lagi motor kita digunakan untuk harian. Semuanya perlu pertimbangan untuk memilih part racing untur motor harian, dalam hal ini memilih busi. Perlu diperhitungkan juga dampak pemakaian part tersebut dan juga seberapa tahan part tersebut dipakai di motor harian. Ok, kita bahas satu persatu pengalaman gue dari mekek busi dari busi standart, platinum maupun iridium.

Busi Standar

Gue makek busi standar megapro dengan merek DENSO. Busi ini rekomendasi pabrikan Honda pada megapro. Pertama yang gue rasain dari pemakaian busi ini tidak terlalu berkesan karena gak ada nilai plus untuk diajak berakselerasi (namanya juga standart), namun busi ini mempunyai umur pemakaian yang relatif lama dan juga stasioner stabil pada motor. Busi jenis ini enak dipakek untuk putaran mesin rendah dan menengah, kalau coba-coba dipakek putaran tinggi atau akselerasi, cukup lama dalam menggapai rpm tinggi dan top speed pun lambat tercapai juga nafas motor pendek-pendek. Namun awet dan stabil dibuat nyantai.

Busi Platinum

Busi ini tergolong busi panas dan juga bisa dikatakan semi racing. Hal ini dikarenakan ujung elektroda busi yang sedikit lancip dibandingkan dengan busi standart, namun dengan kode sama dengan busi standart  yaitu NGK d8evx.  Menurut pengalaman dan pengamatan gue,busi tipe ini tidak jauh beda dengan memakai busi standart namun bedanya tarikan lebih respon di rpm bawah, motor cepet teriak dan lebih cepat mengait top speed namun tidak menambah top speednya. Busi ini memiliki umur pemakaian yang relatif sedikit pendek dibanding busi standart, dengan pemakain wajar gue baru ganti setelah 3 bulanan. Beda dengan busi standart yang umurnya lebih lama, pengalaman gue memakai busi standart 8 bulanan baru terasa ngedrop tenaganya.  

Busi Iridium

Nha, kalau ini busi tipe dingin dan baru dikatakan busi racing yang sebenarnya, dalam hal ini gue memakai merek GARTNER IZ5CC. dengan harga 45rb sebenarnya busi ini dikhususkan untuk race, dimana motor dipakai di rpm tinggi. “lho, dah taw gitu loe juga beli buat harian?” maklum bro uji coba,,, itung-itung tambah pengalaman biar bisa berbagi disini, hehe. Kesan gue makek busi ini, motor terasa lebih teriak di rpm tinggi dan nafas motor terasa panjang, top speed pun sangat mudah didapet dan nambah dikit tapi,,,, “kok yo enek tapine!” la gimana ni kan part untuk race. Jenis busi ini ketika dipakek di motor harian stasioner sedikit kacau pada awal pemakaian namun lama-lama motor jadi gampang mati kalau terlalu lama dipakek di rpm rendah. Mintanya gas pool terus  pokoknya, setelah rpm tinggi busi ini enak lagi dipekek nyantai tapi gak lama nyendat-nyendat lagi. Gue makek busi jenis ini cuma berumur 1bulan bro, sadis gak tu,,,emang racing itu sadis.

Ok, bro gimana? Dari ulasan pengalaman gue makek berbagai jenis busi? Pilihan tetap ditangan anda. Oy, kalau busi standar harganya sekitar 11rbu, sedangkan busi platinum sekitar 20-25rb.
Sekian pembahasan saya tentang busi, apabila ada yang salah tolong bantuanya, saya juga masih belajar. Saya tunggu koment nya.

29 komentar:

  1. keterangan lebih lanjut hub. Dokter!

    BalasHapus
  2. ora paham motor kok iso numpak i to mas bro ...
    hahahaha

    BalasHapus
  3. klo buat cb 150r rekomendasi ap bro,, krn ane sering pke mtr unt jarak jauh,,
    mohon dibantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. bwat hrian rekom busi standart aja gan. Soalx racing tu mudah mati paling2 3blan dh g bres tu busi.

      Hapus
  4. Thanks bro, Infonya sangat membantu sekali, jadi pikir 2 kali lagi buat beli busi race untuk Bion Ane.

    BalasHapus
  5. masa sih bro gw pake denso iridium udh 1 tahun belom mati2 bro

    BalasHapus
  6. kalau buat Pio sih enakan platinum.. buat perkotaan sama touring medan keras.. hehehehe.. iridium buat CB klu gw fikir sih.. kkkkkkkkk

    BalasHapus
  7. ane,.pakai yamaha jupiter z cw.
    di jejelin busi double iridium,.efeknya memang enak,.di geber di atas rpm tinggi,.cuma kacau jika di pakai santai,.motor jadi susah idle dan rada brebet.,.usia pake bertahan di 45 hari aja bro.,pemakaian 80km/hri.

    BalasHapus
  8. Ini saya baru nyoba Denso Iridium utk NVA..perasaan sih enak dipake pada pada kecepatan menengah keatas.tenaga sepertinya nambah..sekalian kemarin juga nambah CO (Kata mekanik sih tambah COnya sampai angka 5 ).belum tau sampai seberapa kekuatan Denso Iridium karena baru make sekitar 1 mingguan.moga2 lancar2 aja....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klau pake busi denso iridium kecepatan NVA nambah gak bro.. dan kalau dibawa santai gimana suara mesinnya apakah normal?? mohon berbagi pengalamannya mas bro>>

      Hapus
  9. Saya heran yg pada pakai busi iridium banyak bermasalah, saya pakai normal saja dari rpm rendah sampai rpm tinggi.
    Gap busi harus dsetting benar, cara setting gap busi ada caranya. Elektroda jarum tidak boleh tersentuh krn akan damage

    BalasHapus
  10. Saya heran yg pada pakai busi iridium banyak bermasalah, saya pakai normal saja dari rpm rendah sampai rpm tinggi.
    Gap busi harus dsetting benar, cara setting gap busi ada caranya. Elektroda jarum tidak boleh tersentuh krn akan damage

    BalasHapus
  11. Motor ane jupiter z 2004 dari awal ga pernah ganti busi sampe sekarang busi standart pabrik, n motor mash ngacir bisa di adu ma bebek sekelasnya. Sudah dipake mudik jakarta solo 4kali pp sampe spedo meter balik nol lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama bro. MX new 2011, KM 66ribuan, blm pernah ganti busi. masih ngacir juga tuh

      Hapus
  12. Disinylir faktor merk busi iridiumnya yg abal-abal yah bro,,, menurut ane :D

    BTW kalo milih busi, Heal Level (Level Panas) nya diperhatikan bro, jangan asal platiunm, asal iridium,,, asal ukuran drat nya sama,,,

    BalasHapus
  13. Menurut saya sih busi iridium gak masalah kalau pengapian motor bagus, apa lagi CDI nya menggunakan BRT punya tu api motor gak bakalan ngedrop broo

    BalasHapus
  14. Menurut saya sih busi iridium gak masalah kalau pengapian motor bagus, apa lagi CDI nya menggunakan BRT punya tu api motor gak bakalan ngedrop broo

    BalasHapus
  15. Mantap gan penjelasannya.
    Saya pakai busi iridium produk TDR.
    Apakah bagus?
    Trims...

    BalasHapus
  16. Mantap gan penjelasannya.
    Saya pakai busi iridium produk TDR.
    Apakah bagus?
    Trims...

    BalasHapus
  17. Saya juga pernah pake busi tdr iridium dari segi tarikan emang dapet dan bisa menggapai top speed tapi tidak tahan lama

    BalasHapus
  18. kalau mx king 150 pakai iridium cocok ga, atau pakai standart ?

    BalasHapus
  19. saya biasanya lari 20,60,sesekali sampai 89,90 km per jam

    BalasHapus
  20. Jujur gan, saya pakai Busi Iridium di yamaha xabre. sudah 3 tahun pakai tanpa kendala.

    BalasHapus