Assalamu’alakum
Halo bro, para penggemar akselerasi kemarin gue ngebahas tentang problem masalah
skep beret. Nha, kali ini gue akan bahas masalah busi.
Tadi gue
sempet berbincang-bincang masalah masalah busi atau spark plug di warnet temen
gue. Maka dari itu gue pengen berbagi
info dari pengalaman gue makek berbagai jenis busi di motor megapro gue.
Kadang
Kita sering berasumsi bahwa dengan memakai part racing motor kita jadi kenceng,
belum tentu bro-bro sekalian, apa lagi motor kita digunakan untuk harian. Semuanya
perlu pertimbangan untuk memilih part racing untur motor harian, dalam hal ini
memilih busi. Perlu diperhitungkan juga dampak pemakaian part tersebut dan juga
seberapa tahan part tersebut dipakai di motor harian. Ok, kita bahas satu
persatu pengalaman gue dari mekek busi dari busi standart, platinum maupun iridium.
Busi
Standar
Gue makek busi standar megapro
dengan merek DENSO. Busi ini rekomendasi pabrikan Honda pada
megapro. Pertama yang gue rasain dari pemakaian busi ini tidak terlalu berkesan
karena gak ada nilai plus untuk diajak berakselerasi (namanya juga standart),
namun busi ini mempunyai umur pemakaian yang relatif lama dan juga stasioner
stabil pada motor. Busi jenis ini enak dipakek untuk putaran mesin rendah dan
menengah, kalau coba-coba dipakek putaran tinggi atau akselerasi, cukup lama
dalam menggapai rpm tinggi dan top speed pun lambat tercapai juga nafas motor
pendek-pendek. Namun awet dan stabil dibuat nyantai.
Busi
Platinum
Busi ini tergolong busi panas dan
juga bisa dikatakan semi racing. Hal ini dikarenakan ujung elektroda busi
yang sedikit lancip dibandingkan dengan busi standart, namun dengan kode sama
dengan busi standart yaitu NGK d8evx. Menurut pengalaman dan pengamatan gue,busi
tipe ini tidak jauh beda dengan memakai busi standart namun bedanya tarikan
lebih respon di rpm bawah, motor cepet teriak dan lebih cepat mengait top speed
namun tidak menambah top speednya. Busi ini memiliki umur pemakaian yang relatif
sedikit pendek dibanding busi standart, dengan pemakain wajar gue baru ganti setelah 3 bulanan. Beda dengan
busi standart yang umurnya lebih lama, pengalaman gue memakai busi standart 8 bulanan
baru terasa ngedrop tenaganya.
Busi
Iridium
Nha, kalau ini busi tipe dingin dan
baru dikatakan busi racing yang sebenarnya, dalam hal ini gue memakai merek
GARTNER IZ5CC. dengan harga 45rb sebenarnya busi ini dikhususkan untuk race,
dimana motor dipakai di rpm tinggi. “lho, dah taw gitu loe juga beli buat
harian?” maklum bro uji coba,,, itung-itung tambah pengalaman biar bisa berbagi
disini, hehe. Kesan gue makek busi ini, motor terasa lebih teriak di rpm tinggi
dan nafas motor terasa panjang, top speed pun sangat mudah didapet dan nambah dikit
tapi,,,, “kok yo enek tapine!” la gimana ni kan part untuk race. Jenis busi ini
ketika dipakek di motor harian stasioner sedikit kacau pada awal pemakaian
namun lama-lama motor jadi gampang mati kalau terlalu lama dipakek di rpm
rendah. Mintanya gas pool terus
pokoknya, setelah rpm tinggi busi ini enak lagi dipekek nyantai tapi gak
lama nyendat-nyendat lagi. Gue makek busi jenis ini cuma berumur 1bulan bro,
sadis gak tu,,,emang racing itu sadis.
Ok, bro gimana? Dari ulasan
pengalaman gue makek berbagai jenis busi? Pilihan tetap ditangan anda. Oy,
kalau busi standar harganya sekitar 11rbu, sedangkan busi platinum sekitar
20-25rb.
Sekian pembahasan saya tentang busi,
apabila ada yang salah tolong bantuanya, saya juga masih belajar. Saya tunggu
koment nya.
ra paham motor aku dom
BalasHapusketerangan lebih lanjut hub. Dokter!
BalasHapusora paham motor kok iso numpak i to mas bro ...
BalasHapushahahaha
hawat2 raroh bro
Hapusklo buat cb 150r rekomendasi ap bro,, krn ane sering pke mtr unt jarak jauh,,
BalasHapusmohon dibantu
bwat hrian rekom busi standart aja gan. Soalx racing tu mudah mati paling2 3blan dh g bres tu busi.
HapusThanks bro, Infonya sangat membantu sekali, jadi pikir 2 kali lagi buat beli busi race untuk Bion Ane.
BalasHapusmasa sih bro gw pake denso iridium udh 1 tahun belom mati2 bro
BalasHapusMotor apa om yang om pake ??
Hapuskalau buat Pio sih enakan platinum.. buat perkotaan sama touring medan keras.. hehehehe.. iridium buat CB klu gw fikir sih.. kkkkkkkkk
BalasHapusane,.pakai yamaha jupiter z cw.
BalasHapusdi jejelin busi double iridium,.efeknya memang enak,.di geber di atas rpm tinggi,.cuma kacau jika di pakai santai,.motor jadi susah idle dan rada brebet.,.usia pake bertahan di 45 hari aja bro.,pemakaian 80km/hri.
Ini saya baru nyoba Denso Iridium utk NVA..perasaan sih enak dipake pada pada kecepatan menengah keatas.tenaga sepertinya nambah..sekalian kemarin juga nambah CO (Kata mekanik sih tambah COnya sampai angka 5 ).belum tau sampai seberapa kekuatan Denso Iridium karena baru make sekitar 1 mingguan.moga2 lancar2 aja....
BalasHapusKlau pake busi denso iridium kecepatan NVA nambah gak bro.. dan kalau dibawa santai gimana suara mesinnya apakah normal?? mohon berbagi pengalamannya mas bro>>
HapusNgeden broo pke iridium..
BalasHapusNgeden broo pke iridium..
BalasHapusSaya heran yg pada pakai busi iridium banyak bermasalah, saya pakai normal saja dari rpm rendah sampai rpm tinggi.
BalasHapusGap busi harus dsetting benar, cara setting gap busi ada caranya. Elektroda jarum tidak boleh tersentuh krn akan damage
Saya heran yg pada pakai busi iridium banyak bermasalah, saya pakai normal saja dari rpm rendah sampai rpm tinggi.
BalasHapusGap busi harus dsetting benar, cara setting gap busi ada caranya. Elektroda jarum tidak boleh tersentuh krn akan damage
Motor ane jupiter z 2004 dari awal ga pernah ganti busi sampe sekarang busi standart pabrik, n motor mash ngacir bisa di adu ma bebek sekelasnya. Sudah dipake mudik jakarta solo 4kali pp sampe spedo meter balik nol lagi.
BalasHapussama bro. MX new 2011, KM 66ribuan, blm pernah ganti busi. masih ngacir juga tuh
HapusDisinylir faktor merk busi iridiumnya yg abal-abal yah bro,,, menurut ane :D
BalasHapusBTW kalo milih busi, Heal Level (Level Panas) nya diperhatikan bro, jangan asal platiunm, asal iridium,,, asal ukuran drat nya sama,,,
Menurut saya sih busi iridium gak masalah kalau pengapian motor bagus, apa lagi CDI nya menggunakan BRT punya tu api motor gak bakalan ngedrop broo
BalasHapusMenurut saya sih busi iridium gak masalah kalau pengapian motor bagus, apa lagi CDI nya menggunakan BRT punya tu api motor gak bakalan ngedrop broo
BalasHapussip, berguna. makasih booss
BalasHapusMantap gan penjelasannya.
BalasHapusSaya pakai busi iridium produk TDR.
Apakah bagus?
Trims...
Mantap gan penjelasannya.
BalasHapusSaya pakai busi iridium produk TDR.
Apakah bagus?
Trims...
Saya juga pernah pake busi tdr iridium dari segi tarikan emang dapet dan bisa menggapai top speed tapi tidak tahan lama
BalasHapuskalau mx king 150 pakai iridium cocok ga, atau pakai standart ?
BalasHapussaya biasanya lari 20,60,sesekali sampai 89,90 km per jam
BalasHapusJujur gan, saya pakai Busi Iridium di yamaha xabre. sudah 3 tahun pakai tanpa kendala.
BalasHapus