Rabu, 12 Desember 2012

SPEEDO MEGAPRO 160CC TIDAK AKURAT SETELAH GANTI RING 17?

Assalamu'alakum gan,,
Gamana agan-agan pecinta akselerasi, udah pada bosen belum modif motor? tentu variasi jawabanya, tapi ane disini masih belum puas belajar modif ataupun sekedar cari info seputar motor. kebanyakan yang ane pos disini adalah dari sedikit pengalaman ane, ya itung-itung bisa berbagi lah,, moga aja dapet ilmu tambahan dari agan-agan.

kali ini ane mau ngebahas tentang kacaunya pembacaan speedo meter milik megapro 160cc setelah ganti ring 17.


 Dulu sebelum ane ganti ring 17 ama temenane dikasih tau, yang katanya ketika ganti ring 17 nambah top speed lah atau nambah akselerasilah dan lain-lain. kenyataanya ketika megapro 160cc diganti ring 17 gak ada efek yang drastis dari penggantian tersebut pada akselerasi si mega, tapi kenapa banyak anggapan kalau ganti ring 17 nambah top speed? Nha,, jawabanya adalah kemugkinan mereka terlalu mempercayai speedo meter untuk mengukur kekuatan motornya,walaupun sudah menanggalkan ring 18nya. padahal speedo meter megapro diperuntukkan untuk membaca kecepatan pada ring 18 (standart megapro) tentu saja ada dampaknya ketika penggantian ke ring 17. kenapa begiru? jawabanya,,, yang dibaca speedo meter model ini yaitu rotasi atau putaran roda depan yang dihubungkan oleh ring gear speedo untuk menggerakkan gear tersebut (gigi nanas) kemudian dilanjutkan ke kabel speedo meter lalu terbacalah kecepatan kita berkendara. 

lalu bagaimana cara kita mengetahui speedo meter kita cocok apa kagaksetelah ganti ring 17?
pasti tidak cocok karena diameter ring veleg udah berubah tapi,,, kalau kita pengen ngecek coba berkendara dengan motor lain dan setarakan kecepatan tentunya motor yang dipakek harus masih standart ring rodanya dan lihat hasilnya,, pasti selisih lebih dari 5 km lebih cepat mega yang udah ganti ring17.

gimana dong biar tetep akurat speedo meternya dengan ring 17?
pertanyaa yang bagus,,,,(tanya-tanya dewe dijawab-jawab dewe) begini kita harus bongkar gear box speedo si mega dulu

                                                                               gear box beserta komponenya


 kemudian sisihkan!
 kita harus mempersiapkan perombaan komponen gaer box. dari pengalaman ane bisa diakali dengan mengganti komponen gear box mega dengan milik suprafit 2005. 





 gear box megapro


caranya dengan mengoplos komponen dalam gear box yaitu, ring gear dan gear tersebut (gigi nanas) dengan milik suprafit. tentu perlu penyesuaian ring suprafit dengan dudukan roda speedo pada megapro, 










 ring penggerak gear box
gak ribet cukup dengan tang dan di "ongkek-ongkek" istilah moderennya sehingga dapat duduk manis pada tempat ring roda depan megapro, selanjutnya tinggal pemasangan.

setelah semuanya terpasang kembali tinggal dicoba berfungsi atau tidak, jika tidak maksimal berarti pemasangan kurang benar, jika sudah pas pasti ketahuan motor ente punya top speed lebih dikit dibanding sebelumnya. dan ada satu tes lagi, yaitu keakuratan dengan motor lain caranya seperti ane terangkan diatas tadi. ok,gan sekian sepintas pengalaman ane ganti ring 17 pada megapro. selamat mencoba dan semoga bermanfaat. ditunggu komenya...

assalamu'alakum.

Jumat, 07 Desember 2012

PILIH BUSI STANDART, IRIDIUM DAN PLATINUM


Assalamu’alakum
Halo bro, para penggemar akselerasi  kemarin gue ngebahas tentang problem masalah skep beret. Nha, kali ini gue akan bahas masalah busi.
 Tadi gue sempet berbincang-bincang masalah masalah busi atau spark plug di warnet temen gue. Maka dari itu  gue pengen berbagi info dari pengalaman gue makek berbagai jenis busi di motor megapro gue. 

Kadang Kita sering berasumsi bahwa dengan memakai part racing motor kita jadi kenceng, belum tentu bro-bro sekalian, apa lagi motor kita digunakan untuk harian. Semuanya perlu pertimbangan untuk memilih part racing untur motor harian, dalam hal ini memilih busi. Perlu diperhitungkan juga dampak pemakaian part tersebut dan juga seberapa tahan part tersebut dipakai di motor harian. Ok, kita bahas satu persatu pengalaman gue dari mekek busi dari busi standart, platinum maupun iridium.

Busi Standar

Gue makek busi standar megapro dengan merek DENSO. Busi ini rekomendasi pabrikan Honda pada megapro. Pertama yang gue rasain dari pemakaian busi ini tidak terlalu berkesan karena gak ada nilai plus untuk diajak berakselerasi (namanya juga standart), namun busi ini mempunyai umur pemakaian yang relatif lama dan juga stasioner stabil pada motor. Busi jenis ini enak dipakek untuk putaran mesin rendah dan menengah, kalau coba-coba dipakek putaran tinggi atau akselerasi, cukup lama dalam menggapai rpm tinggi dan top speed pun lambat tercapai juga nafas motor pendek-pendek. Namun awet dan stabil dibuat nyantai.

Busi Platinum

Busi ini tergolong busi panas dan juga bisa dikatakan semi racing. Hal ini dikarenakan ujung elektroda busi yang sedikit lancip dibandingkan dengan busi standart, namun dengan kode sama dengan busi standart  yaitu NGK d8evx.  Menurut pengalaman dan pengamatan gue,busi tipe ini tidak jauh beda dengan memakai busi standart namun bedanya tarikan lebih respon di rpm bawah, motor cepet teriak dan lebih cepat mengait top speed namun tidak menambah top speednya. Busi ini memiliki umur pemakaian yang relatif sedikit pendek dibanding busi standart, dengan pemakain wajar gue baru ganti setelah 3 bulanan. Beda dengan busi standart yang umurnya lebih lama, pengalaman gue memakai busi standart 8 bulanan baru terasa ngedrop tenaganya.  

Busi Iridium

Nha, kalau ini busi tipe dingin dan baru dikatakan busi racing yang sebenarnya, dalam hal ini gue memakai merek GARTNER IZ5CC. dengan harga 45rb sebenarnya busi ini dikhususkan untuk race, dimana motor dipakai di rpm tinggi. “lho, dah taw gitu loe juga beli buat harian?” maklum bro uji coba,,, itung-itung tambah pengalaman biar bisa berbagi disini, hehe. Kesan gue makek busi ini, motor terasa lebih teriak di rpm tinggi dan nafas motor terasa panjang, top speed pun sangat mudah didapet dan nambah dikit tapi,,,, “kok yo enek tapine!” la gimana ni kan part untuk race. Jenis busi ini ketika dipakek di motor harian stasioner sedikit kacau pada awal pemakaian namun lama-lama motor jadi gampang mati kalau terlalu lama dipakek di rpm rendah. Mintanya gas pool terus  pokoknya, setelah rpm tinggi busi ini enak lagi dipekek nyantai tapi gak lama nyendat-nyendat lagi. Gue makek busi jenis ini cuma berumur 1bulan bro, sadis gak tu,,,emang racing itu sadis.

Ok, bro gimana? Dari ulasan pengalaman gue makek berbagai jenis busi? Pilihan tetap ditangan anda. Oy, kalau busi standar harganya sekitar 11rbu, sedangkan busi platinum sekitar 20-25rb.
Sekian pembahasan saya tentang busi, apabila ada yang salah tolong bantuanya, saya juga masih belajar. Saya tunggu koment nya.

Kamis, 06 Desember 2012

MENGATASI SKEP KARBU PE ATAU PWL 28 BERET

 assalamualaikum.
hai bro-bro pencinta akselerasi, ni gue mau kasih info tentang mengatasi skep beret karbu PE atau PWL venturi 28.
ni dari pengalaman gue ndiri, awalnya gue punya keinginan beli karbu PWL 28 tapi karena harga original karbu tersebut mahal akhirnya gue nyari karbu PWL yang merek LIPPO. gue nyari diseluruh toko onderdil di kediri ternyata merek LIPPO sementara gak ada stok dan di ganti merek KEIHIN kw, karena gue dah berhari-hari nyari kagak ada yang merek LIPPO akhirnya gue coba beli PWL KEIHIN 28 kw aja, itung-itung juga murah dan menarik, gue beli dengan harga 170rb dan karbunya rapi cetakannya beda dengan LIPPO  yang agak kasar.

kayak original kan!! hehe.. tapi, ada tapinya brow,, harga memang gambarin kualitas. kualitas merek KEIHIN kw mempunya kelemahan di skepnya, beda dengan LIPPO yang skepnya dilapisi teflon sedangkan KEIHIN kw ini dilapisi pollisan mirip kroum tapi tipis banget dan efeknya mudah banget baret. tapi tenang bro,, gue punya solusi disini, dengan cara dibuatkan lagi skep dari as skok yang diameternya relatif lebih gede dikit. maksimal selisih lebih besar 1mili lah.
nha, ni tahap-tahap penggantianya.
1. ukur diameter rumah atau tabung skep ( antara 29-30mili)
2. cari as skok bekas yang diameternya sesuai dan usahakan lapisan kromnya masih mulus (as skok RX King atau pro  neo tec)
3. bawa ke bengkel bubut, suruh buatin skep yang sama karakternya dengan skep lama dan suruh dudukanjarum skep memakai skep yang lama dengan cara dimasukkan skeplama ke dalam skep dari As skok  atau di sok, tujuanya agar settingan skep tetep presisi dan tidak mengubah settingan karbu.
4. kemudian tinggal penyesuaian dengan bentuk skep yang lama (tugas mekanik bubut)

kemudian jadilah........tereeeet!
dan...
gimana? 11-12 kan ma yang original ninja?
stasioner enak gas pun mantap! 
oy, pengerjaanya kalau tukang bubut tidak antri skitar 1 hari selesei dan memakan biaya total 90rbu, itu pun karena tidak kolter tabung skep, kalau kolter untuk penyesuaian ukuran skep baru tambah 20rb, emang sadis bro. dan satu lagi harus dikerjakan oleh mekanik bubut yang profesional karena ini menyangkut kepresisian dengan skep lama.
itu aja bro untuk hari ini, dah ngantuk. semoga bermanfaat dan jangan bosen untuk mencoba dan koment nya saya tunggu.
assalamualaikum.